Profil
Pelajar Pancasila sesuai Visi dan Misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
sebagaimana tertuang dalam dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan Tahun 2020-2024: Pelajar
Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat
yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri,
bernalar kritis, dan kreatif, seperti ditunjukkan oleh gambar berikut:
Keenam
ciri tersebut dijabarkan sebagai berikut:
- Beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia
Pelajar
Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak
mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha
Esa. Ia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman
tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. Ada lima elemen kunci beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia:
(a) akhlak beragama;
(b) akhlak pribadi;
(c) akhlak kepada manusia;
(d) akhlak kepada alam;
(e) akhlak bernegara.
- Berkebinekaan
global
Pelajar
Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap
berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan
rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya dengan budaya luhur yang
positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. Elemen dan kunci
kebinekaan global meliputi
(a) mengenal dan menghargai budaya;
(b) kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan
sesama;
(c) refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.
- Bergotong royong
Pelajar
Indonesia memiliki kemampuan bergotong-royong, yaitu kemampuan untuk melakukan
kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan
dapat berjalan lancar, mudah dan ringan. Elemen-elemen dari bergotong royong
adalah
(a) Kolaborasi;
(b) Kepedulian;
(c) berbagi.
- Mandiri
Pelajar
Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas
proses dan hasil belajarnya. Elemen kunci dari mandiri terdiri dari:
(a) kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi;
(b) regulasi diri.
- Bernalar kritis
Pelajar
yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif
maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi,
menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya. Elemen-elemen dari
bernalar kritis adalah:
(a) memperoleh dan memproses informasi dan gagasan;
(b) menganalisis dan mengevaluasi penalaran;
(c) merefleksi pemikiran dan proses berpikir;
(d) mengambil keputusan.
- Kreatif
Pelajar yang kreatif
mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat,
dan berdampak. Elemen kunci dari kreatif terdiri dari:
(a)
menghasilkan gagasan yang
orisinal;
(b)
menghasilkan karya dan
tindakan yang orisinal.
0 comments:
Posting Komentar